31 Oktober 2007

Pemikiran Pendidikan At-Thahthawi

Oleh: Riwayat

(Mhs. Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang)

Nama lengkapnya adalah Rifa’ah badhawi Rafi’ al-Thahthawi terkenal dengan sebutan Al-Thahthawi. Lahir di Tanta pada tahun 1801 H.[1] Berasal dari keluarga miskin,sehingga keluarga Al-Thahthawi pergi ke Mesir untuk mencari penghidupan dalam bidang pertanian. Pada usia remaja al-Thahthawi hafal al-Quran dan telah mempelajaridasar-dasar hukum Islam. Pada usia 16 tahun, al-Thahthawi pergi ke Kairo untuk belajar di Universitas al-Azhar. Keadaan ekonomi yang tidak mendukung menjadikan al-Thahthawi bekerja sambilan sepulang kuliah yaitu menjadi guru privat, gaji sebagai guru privat ternyata tidak mencukupi untuk biaya kuliah. Keadaan ini memaksa ibunya menjual perhiasan untuk menambah kekuarangan biaya kuliah at-Thahthawi. Meskipun dengan susah payah at-Thahthawi akhirnya at-Thahthawi menyelesaikan pendidikan di al-azhar selama delapan tahun.[2]

Al-Thahthawi meninggal pada hari Selasa, 27 Mei 1873 M, umurnya pada waktu itu 73 Tahun. Ribuan masyarakat mesir mengiringi jenazahnya.[3]

Kutipan di atas memberi pelajaran bahwa kemiskinan dan kesusahan tidak membuat at-Thahthawi putus asa dalam perjuangan hidup. Meskipun serba kekurangan tetapi pendidikan tidak dilupakan. Semangat seperti ini memberi inspirasi bagi generasi sesudah al-Thahthawi untuk meniru, meneladani, atau setidaknya tidak menyerah dalam hidup walaupun dalam keadaan miskin yang mendera. Tidak itu saja, meskipun dalam kubangan kemiskinan al-Thahthawai pantanag mundur, pendidikan masih merupakan sesuatu yang harus diperjuangankan apapun kondisinya.

Pada umur 24 tahun al-Thahthawi menjadi pegawai Bina Mental dan Imam padasebuah kelompok pasukan negara Mesir yang dibangun oleh Muhammad Ali, penguasa Mesir. Pada 25 tahun al-Thahthawi dicalonkan pemerintah untuk bergabung dalam delelgasi mahasiswa Mesir ke Perancis. Pengiriman mahasiswa Mesir Ke Perancis ini adalah gelombang pertama.[4]

Al-Thahthawi dimanfaatkan oleh Muhammad Ali untuk kepentingan pemerintah, termasuk juga untuk kemajuan bangsa Mesir secara umum.[5] Meskipun dimanfaatkan tetapi al-Thahthawi tidak merasa dimanfaatkan, bahkan dengan keadaan tersebut al-Thahthawi mengambil hikmah dan pelajaran dari keadaan tersebut. Digunakan kesempatan itu untuk menempa diri dengan berbagai pengalaman dan ilmu pengetahuan, bukan saja untuk dirinya, tetapi juga untuk bangsa Mesir.

Hal ini dapat diketahui dengan semangat al-Tahahthawi untuk terus menempa diri, menjadi pribadi pemberontak terhadap kenyataan bangsa Mesir. Suatu saat al-Thahthawi berkata,”Kondisi negeri kita harus berubah, dan ilmu pengetahuan yang tidak kita punyai harus segera kita miliki.”[6]

Tekad yang besar untuk membangun bangsanya menjadikan al-Thahthawi pemuda yang berbeda dengan pemuda mesir yang sebaya dengannya. Meskipun ke Perancis hanya sebagai imam tetapi al-Thahthawi tidak hanya sebagai imam salat bagi para mahasiswa, tetapi dengan kemamuan besar untuk maju al-Thahthawi melakukan hal-hal diluar tugasnya.al-Thahthawi bertekad mempelajari ilmu-ilmu bangsa perancis. Hal ini dibuktikan dengan usahanya untuk mencari guru privat bahasa Perancis yang ia gaji sendiri. Selama tiga tahun ia rela memotong gajinya sebesar 250 Piaster untuk guru privatnya.[7]

Setelah lima tahun di Perancis al-Thahthwi kembali ke mesir sekitar akhir tahun 1831. Ia diangkat sebagai penerjemah dan guru Bahas Perancis di Institut Kedokteran Abu za’bal dengan gaji 1.2223 Piaster.[8] Kepalasekolah, pimpinan penterjemah Undang-Undang perancis.[9]

Dengan latar belakang pendidikannya, baik ketika di al Azhar, dengan gurunya Syekh Hasan al-Attar, pengalaman intelektualnya di perancis, buku-buku yang dibaca dan diterjemahkannya menjadikanal-Thahthwai sosok yang mumpuni dalam bidang pendidikan.

Pemikiran at-Thahthawi Tentang Pendidikan

Al-Thahthawi mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk karakter kepribadian, kecerdasan, dan menanamkan rasa patriotisme/Hubb al-wathan.[10] Kutipan tersebut dapat dipahami bahwa tujuan pendidikan tidak sekedar membentuk siswa yang cerdas secara inteketual tetapi juga cerdas dari segi emosi dan spiritual, hal ini dapatdicermati dan dipahami dari tujuan pendidikan di atas yang tidak sekedar membentuk siswa yang cerdas, tetapi juga membentuk siswa yang matang emosi dan akhlaknya. Di sisi lain, tujuan pendidikan hendaknya tidak sekedar membentuk siswa pandai, tetapi juga membentuk siswa yang mempunyai jiwa-jiwa patriotisme, sebab tidak ada manfaatnyamempunyai siswa yang cerdas tetapi tidak mempunyai rasa tanggung jawab dan rasa patriotisme terhadap negaranya sendiri. Pendidikan hendaknya tidak membentuk siswa cerdsa, tetapi berjiwa penghianat terhadap negara dan bangsa sendiri. Penulis sepakat dengan al-Thahthawi terutama dalam tujuan pendidikan. Pendidikan yag tidak ada tujuan membentuk rasa patriotisme hanya akan mempersiapkan generasi-generasi penghancur negara, generasi yang memanfaatkan bangsa dan negara untuk kepentingan sendiri.

Dalam bidang kurikulum al-Thahthawi membaginya berdasarkan jenjang pendidikan. Untuk tingkat pendidikan dasar (SD) terdiri atas: pelajaran membaca dan menulis yang bersumber dari al-Quran, ilmu nahwu, dan dasar-dasar berhitung. Sedangkan untuk tingkat sekolah menengah (SMP), terdiri atas, pendidikan jasmani beserta cabangnya, ilmu bumi, sejarah, biologi, mantiq, fisiska, kimia, manajemen, ilmu pertanian, mengarang, peradaban, bahasa asing. Untuk kurikulum tingkat atas (SMA) terdiri atas mata pelajaran kejuruan. Di antara mata pelajaran tersebut adalah kedokteran, fiqih, ilmu bumi dan sejarah.[11]

Dari kurikulum diatas, tersirat bahwa al-Thahthawi sudah memikirkan tentang pentingnya skill bagi siswa/anak didik, sehingga ia memuat materi pelajaran kejuruan. Di sisi lain, terlihat jelasbahwa al-Thahthawi memperhataikan kebutuhan pada masa itu, kebutuhan bangsa Mesir yang masih jauh tertinggal dengan bangsa lain, sehingga perlu membuat kurikulum yang menghasilkan peserta didik yang dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat pada saat itu. Dalam hal ini dapat di duga bahwa sebenarnya al-Thahthawi sudah mempunyai ilmu tentang pengembangan kurikulum. Yang di antaranya dalam mengembangkan kurikulum adalah memperhatikan kebutuhan masyarakat di sekitar tempat institusi pendidikan berada. Dari kurikulum di atas dapat diketahui bahwa secaratidak langsung al-Thahthawi telah membuat semacam struktur/jenjang pendidikan, yaitu pendidikan awal / SD, pendidikan menengah /SMP, kemudian pendidikan tingkat atas / SMA. Tetapi ada yang mungkin terlupa oleh al-Thahthawi yaitu pendidikan untuk anakusia dini, sepertinya hal ini terabaikan, padahal pendidikan usia dini mempunyai peran penting dalam rangka mempersiapkan anak didik menuju jenjang pendidikan lanjutan, atau setidaknya sebagai wahana untuk bersosialisasi bagi anak didik usi dini.

Sedangkan dari pola pendidikan, al-Thahthawi menawarkan pola pendidikan sebagai berikut: pendidikan yang bersifat universal. Yaitu pendidikan yang di tujukan kepada semua golongan masyarakat tanpa membedakan gender dan umur. Pendidikan yang ditujukan untuk memajukan perempuan agar mampu menggali dan memfungsikan perannya secara maksimal, apakah sebgai istri, sebagai ibubagi anak-anak, atau sebagai bagian dari masyarakat,dengan tidak melupakan kodratnya sebgai perempuan. Ketiga, pendidikan yang ditujukan untuk kepentingan bangsa. Pola pendidikan hendaknya harus membentuka anak didik yang mempunyai rasa memiliki terhadap negaranya, rasa bangga terhadap negaranya, pendidikan hendaknya di arahkan untuk membentuk peserta didik yang mau berkorban untuk bangsa dan negaranya.[12]

Karya Ilmiah al-Thahthawi

Sebagai ilmuan al-Thahthawi mempunyai kebiasaan membaca dan menulis, di antara buku yang telah ditulisnya adalah:

1. Takhlis al Ibriz fi AkhbarBariz, buku ini menjelaskan tentang kehidupan bangsa Perancis,terutama Paris, tentang adat sitiadat,budaya, kebiasaan ilmiah, politik, demokrasi, yang inti dari tujuan penulisan buku tersebut adalah agar bangsa Mesir sadarakan ketertinggalan, sebagi perbandingan dalam segala hal, dengan harapan setelah membaca buku ini bangsa Mesir berubah paradigma.[13]

2. Manahij al-Albabal-Misriyyat fi manahij al-Adab al-Ashriyyat,buku ini membahas tentang pembaharuan bidang ekonomi, dengan buku ini al-Thahthawiberharap bangsa Mesir termotivasi untuk mengwembangkan perekonomian berdasarkan peran dan fungsi agama.[14]

3. al-Qoul al-Sadiq fi al-Ijtihada wa al taqlid dan Anwar al-Taufiq al-Jalil fi Akhbar Mishr wa Tautsiq Bani Ismail,kedua buku ini memuat tentang pentingnya ijtihad bagi bangsaMesir demi kemajuan bangsa mesir, hukum-hukum islam harus diinterpretasi ulang/ baru agar sesuai dengan kehidupan modern. Buku ini juga bersisi anjuran bagi para ulama agar menyadari dan mengetahui kehidupan modern, sehingga masyarakat Islam menjadi dinamis dan membuka diri dengan dunia luar, dengan batas-batas syariat/ hukum Islam.[15]

4. al-Mursyid al-Amin li al-Banat wa Banin,buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan bagi laki-laki dan perempuan agar nantinya diharapakan keduanya nanti mampu membina keluarga yang harmonis. Buku ini juga membahas pentingnya pendidikan bagi perempuan, agarperempuan mampu mengimbangi ilmu pengetahuan, pola pikir kaum laki-laki, intinya agar perempuan mempunyai kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki.[16]

5. Manahij al al-Albabal-Mishriyyah fi Mabahij al-Adab al-Mishriyyah,buku ini membahas metode pendidikan untuk kemajuan bangsa Mesir, dalam buku ini berisi tentang anjuran kepada organisasi kemasyarakatan, masyarakat Mesir dan pemerintah mengerahkan harta dan modal hidupnya untuk kemaslahatan bangsa Mesir dan di titik beratkan dalam bidang pendidikan dan penyebaran ilmu pengetahuan.[17]

Dari kutipan di atas dapat dipahami bahwa at-Thahthawi menganggap bahwa kemajuan hanya dapat diperoleh dengan mensejahterakan rakyat, menumbuhsuburkan rasa peduli sosial dan perhatian yang penuh terhadap dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.



[1] Ramayulis dan Samsul Nizar, Op.Cit., h.36. ada juga yang mengatakan bahwa Al-Thahtawi lahir di desa Thahthawi terletak di distrik Jurja. Lebih lanjut bacaMahmud Awad,Muamarridun li Wajhillah: Ibn Hazm, Ibn Taimiyah, Rifa’ah Ath-Thahthawi, Jamaluddin al-Afghani, Abdullah an-nadim,terj. Alimin dan Raimond,(Jakarta: Cv Cendekia Sentra Muslim2002),h.117

[2] Ibid.,

[3] Ibid.,h.130

[4] Ibid.,.ada anggapan sebagain ilmuan yang menganggap bahwa al-Thahthawi di kirim ke perancis untuk menuntut Ilmu, padahal sebenarnya beliau diikutkan ke dalam delegasi mahasiswa Mesir ke Pertancis hanya sebagai Imam bagi mahasiswa, tetapi tidak menjadi mahasiswa. Ibarat pepatah sambil menyelam minum air, itulah yang dilakukan oleh al-Thahthawi di Perancis, meskipun hany dijadikan sebagi imam bagi para mahasiswa,tetapio beliau tidak kecil hati, dengan semangatnya yang tinggi beliau belajar sendiri, memanggil guru privat dengan biaya sendiri.lebih lanjut baca, Mahmud Awad, h. 118-124

[5] Ramayulis dan Samsul Nizar, Op.Cit., h.37

[6] Mahmud awad., Op.Cit., h.118

[7] Ibid., h.118

[8] Ibid.,h. 122

[9] Ramayulis dan Samsul Nizar, Op.Cit., h.37

[10] Ibid.,

[11] Ibid., h. 40

[12] Ibid., h. 41-42

[13] Ibid.,h. 38

[14] Ibid.,

[15] Ibid.,h. 39

[16] Mahmud awad, Op.Cit., h.129-130

[17] Ibid., h.130

Komentar :

ada 0 komentar ke “Pemikiran Pendidikan At-Thahthawi”

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra